Let Me Tell You About Success

October 1, 2016 | RENE

SCROLL TO READ

Apa sebenarnya arti kata… SUKSES? Jika ditanyakan pada 10 orang maka bisa jadi akan muncul 10 jawaban berbeda. Sukses bisa berarti kemapanan, kekayaan, kepintaran, kehebatan, keberhasilan, ketenaran dan lain-lain. Apakah sukses terkait dengan merek mobil yang dikendarai – dan dimiliki? Atau mungkin punya supir dan para entourage yang senantiasa mengawal kemanapun orang sukses pergi? Atau bisa juga selalu keliling mancanegara sebagaimana ditampakkan oleh postingan media sosial? Pokoknya sukses mereferensikan segala sesuatu yang tampak keren, hebat dan wow. Siapapun yang masuk kategori tersebut harusnya juga mencerminkan nilai-nilai yang tadi disebut.

Kata kunci yang telah menjadi dagangan nomor satu para motivator kondang ini terdengar lazim namun pada saat yang sama juga… awam bagi banyak telinga. Kenapa awam? Karena jika kita memperbandingkan sukses kita dengan orang lain (baca: orang keren lain) maka bisa jadi kesuksesan kita tidak terasa sukses-sukses amat! Contoh: Sebagai penulis jika membandingkan diri dengan JK Rowling atau Dee Lestari, apakah saya masih boleh menyebut diri sukses? Sebagai startup founder jika dibandingkan dengan Nadiem Makarim (Gojek) atau Kevin Mintaraga (Bridestory) atau Zaky (Bukalapak), apakah saya masih layak mengklaim kesuksesan saya? You see the point? Ini problem saat mulai membandingkan kesuksesan diri dengan kesuksesan orang lain. PASTI bakal selalu ada yang lebih hebat, lebih tenar, lebih pintar, lebih kaya, lebih gokil dari kita.

Sehingga lebih pas jika indikasi sukses difokuskan pada kualitas diri (baca: kualitas hidup) kita saat ini. Terkait dengan indikator-indikator tersebut, saya mengambilnya dari tulisan keren oleh Jeff Haden di majalah INC beberapa waktu lalu. Anda sebenarnya lebih sukses dari yang anda duga jika memenuhi hal-hal berikut:

You have enough money to make positive choices. Bukan jumlah uang yang anda miliki, namun bagaimana anda bisa menghasilkan uang lebih banyak dari yang anda konsumsi untuk berinvestasi, berlibur atau meng-upgrade diri dalam rangka terus bertumbuh kembang. Dengan kata lain, anda tidak hidup dari tanggal gajian satu ke tanggal gajian berikutnya.

You choose the people around you. Orang sukses bisa memilih untuk berinteraksi, bergaul dan bekerja sama dengan siapa yang dirasa relevan. Mereka tidak pernah membiarkan diri tergantung pada orang-orang yang tidak asyik… karena mereka mampu untuk tidak tergantung. Tidak peduli apakah orang-orang tersebut calon klien, pejabat atau penguasa, orang sukses sangat pemilih terkait dengan siapa mereka menghabiskan waktu.

You see failure as tuition & lesson. Orang sukses adalah dia yang telah melewati jauh lebih banyak kegagalan dibandingkan orang biasa. Mereka bukan berencana gagal namun menggunakan setiap kesempatan gagal untuk belajar, berstrategi dan berupaya – lagi dan lagi.

You don’t ask for anything. Orang sukses = orang yang sudah selesai dengan dirinya. Mereka tidak merasa perlu harus membuktikan dirinya. Mereka tidak merasa harus selalu menggunakan dan mengusung namanya dalam setiap aktivitas. Orang sukses tidak merasa berkebutuhan untuk terus dikenali, disanjung dan dirayakan. Sebaliknya, mereka senantiasa merasa harus mengenalkan, mengangkat dan merayakan orang-orang lain.

You have a mission. Terakhir, orang sukses tidak pernah sekedar melakukan sesuatu tanpa didasari oleh misi tertentu. Misi yang diyakini melebihi diri bahkan kehidupan yang tengah dijalani. Misi adalah arah yang meneguhkan alasan keberadaan di dunia dan kehadiran di manapun.

Terkait dengan alasan terakhir, jika anda sudah meyakini misi hidup tertentu- artinya anda telah menemukan sesuatu yang bisa difungsikan sebagai sumber energi, mata kompas dan keasyikan berkarya. Tidak peduli anda tinggal dimana, berapa jumlah tabungan anda, dan apa jabatan / kedudukan anda – anda SUDAH SUKSES. Why? Because you are being and living a life that truly matters to you. And that’s the single most important sign of success.

Photo #UltimateUScrapBook by @cindysaja

Nah, apakah definisi sukses untuk anda? Apakah sudah menjalani hidup untuk sukses atau tengah membagi kesuksesan dalam hidup? Kirim tulisan, cerita dan komentar ke rene.canoneo@gmail.com / twitter & Instagram: @ReneCC.