Am I Just Having – or Building My Job?

August 8, 2016 | RENE

SCROLL TO READ

Sebut satu alasan kenapa pekerjaan / profesi Anda masih relevan saat ini?

Guru – misalnya. Masih relevan selama masih ada murid dan sekolah. Atau sebut saja Dokter – sebagai instrumen penyembuh akan selalu diperlukan selama manusia masih bisa menjadi sakit, atau paling tidak, kurang sehat. Apa lagi? Bankir. Selama perekonomian beroperasi maka profesi sebagai bankir tentu bakal selalu dibutuhkan. Pertanyaan aneh untuk jawaban-jawaban yang tidak kalah aneh. Tapi coba bayangkan seandainya semua jawaban tersebut menjadi tidak relevan karena munculnya kondisi tertentu.

Guru konvensional yang masih berorientasi sebagai sumber ilmu di kelas-kelas bisa jadi semakin tidak relevan sejak kemunculan mesin pencari Google. Lebih jauh lagi, siapapun bisa menjadi guru (dan murid) bagi siapapun – dan prosesnya telah dan akan semakin dimudahkan dengan hadirnya berbagai solusi pendidikan berbasis teknologi seperti Ruang Guru, TED dan edX, Nah, untuk yang disebut terakhir adalah sebuah platform yang memungkinkan universitas-universitas terbaik di dunia seperti Stanford, Harvard, MIT dan lain-lain – untuk membuka ruang perkuliahan mereka. Siapapun, dimanapun dan kapanpun selama bisa mengakses internet bisa belajar dengan gratis. Apakah guru masih akan relevan?

Dokter? Sebuah aplikasi bernama iTriage yang sudah beredar luas di Amerika Serikat telah mencatat jutaan keluhan pasien dan resep-resep obat yang diterbitkan. Artificial intelligence yang melekat dalam aplikasi tersebut memungkinkan setiap pengguna untuk berinteraksi awal tentang penyakitnya – sekaligus memperoleh pengobatannya. Tidak lagi ada keperluan untuk mengantri berjam-jam dan semakin kecil ruang salah diagnosa dan pengobatan. Apa lagi? Penghematan dahsyat lewat penyediaan stok obat yang lebih akurat berdasarkan catatan masa lalu dan prediksi masa depan. iTriage perlahan namun pasti telah membuat profesi dokter umum jadi tidak lagi relevan.

Bankir? Kebutuhan akan profesi ini berbanding terbalik dengan pemahaman masyarakat akan terobosan teknologi finansial. Diawali dengan kemunculan ATM, mobile banking, payment gateway, hingga bermacam terobosan akan membuat industri perbankan harus memikirkan ulang cara beroperasi – dan hal sama juga berlaku untuk profesi bankir.

Your job description is NOT your self-description. Hal paling berbahaya adalah saat pekerjaan hanya sebatas apa kata lowongan kerja, job description dan instruksi si bos. Hal tidak kalah berbahaya saat apapun yang dikerjakan hari ini semata karena hal serupa yang dikerjakan kemarin, minggu lalu, bulan lalu dan bertahun-tahun lalu. Sama caranya. Sama prosesnya. Sama template-nya. Hanya dimensi waktu saja yang berbeda.

Worst scenario: The job exists simply because the person exists. Pekerjaan bukan sekedar sarana bekerja, namun berkreasi dan berkarya. Pekerjaan bukan sesuatu yang statis, namun dinamis bertumbuh-kembang. Dan pekerjaan bukan cuma tentang bagaimana menghasilkan output namun bagaimana memunculkan impact berkesinambungan. Sehingga jawaban-jawaban atas 5 pertanyaan berikut seharusnya bisa memastikan relevansi berkelanjutan pekerjaan apapun yang kita geluti saat ini:

  • Siapa yang paling terbantu dengan pekerjaan kita – dan apa yang mereka butuhkan?
  • Apa peran (baca: kontribusi) pekerjaan saya bagi bisnis / kinerja organisasi secara keseluruhan?
  • Hal-hal apa yang telah berubah pada organisasi / industri / pasar sejak saya mulai mengerjakan pekerjaan ini?
  • Apa yang bisa dilakukan agar pekerjaan ini bisa jadi lebih mudah, lebih murah dan lebih cepat?
  • Jika ada yang bisa membuat pekerjaan saya menjadi tidak relevan, apakah hal-hal tersebut? Dan apa yang bisa saya kerjakan sekarang untuk memastikan hal tersebut terjadi?

You do not find your dream job. You build your own dream job, piece by piece, day by day.

Photo #graphics by @ReneCC

Ceritakan pengalaman bertumbuh-kembang dalam pekerjaan anda yang paling seru, asyik dan WOW! Saya akan sangat tertarik membacanya. Kirim tulisan, cerita dan komentar ke rene.canoneo@gmail.com / twitter & Instagram: @ReneCC.