Leaders are Destiny Shapers!

May 5, 2015 | RENE

SCROLL TO READ

“Apalah arti penambahan usia barang satu hari jika tidak untuk mengejar kesempurnaan kodrat”, kalimat dahsyat ini disampaikan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga ratusan tahun lalu, dan masih relevan dan beresonansi hingga kehidupan modern sekarang. Makna yang saya tangkap adalah bahwa kehidupan dihadirkan untuk memastikan setiap orang tidak sekedar menjalani hidup, namun guna memenuhi misi yang dititipkan oleh Sang Pencipta. Kesempurnaan kodrat bukan bicara soal tujuan dan pencapaian, namun arah dan karya bagi sesama. Bukan hanya menggapai cita-cita sebagai guru, presiden, menteri, entrepreneur atau beragam profesi lain di kolong langit, tapi untuk menjadikan dirinya, kaumnya, bangsanya dan alamnya jadi (sedikit) lebih baik. Kuncinya adalah bagaimana memastikan diri berproses, bertumbuh dan berkembang. Dan seringkali proses ini tidak dapat dilakukan sendiri namun membutuhkan peran serta dan kehadiran orang-orang lain.

Bayangkan bagaimana kehidupan anda dan saya tanpa kehadiran figur-figur tertentu yang telah banyak berjasa? Tidak terbatas pada orang-orang yang pernah berinteraksi langsung namun jauh lebih luas dari itu. Apa jadinya dunia kita tanpa kemunculan para innovator, pemikir, budayawan, penulis, politisi dan seterusnya? Apa jadinya dunia digital tanpa Sergey Brin & Larry Page – para pendiri Google? Bagaimana nasib telekomunikasi modern tanpa peran Alexander Graham Bell? Seperti apa Indonesia tanpa dwitunggal proklamator kemerdekaan kita, Soekarno & Hatta?

Bisakah semua kinerja, kemajuan, prestasi yang telah berhasil kita peroleh hingga saat ini terjadi tanpa peran serta orang-orang istimewa tersebut? Mereka hadir dalam berbagai kapasitas – sebut saja orang tua, guru, dosen, mentor, coach, teman, atasan atau apapun itu. Mereka muncul dalam berbagai kesempatan melalui cara-cara yang tidak terduga. Mereka mampu membongkar semua keraguan dan memaksimalkan semua potensi diri. Mereka adalah para pemimpin yang membantu anda memenuhi misi hidup dan menyempurnakan kodrat. They are leaders who shape your destiny.

Success is not the study of a tree; it’s the study of a forest. Setiap diskusi tentang orang sukses terasa hampa jika hanya membahas keistimewaan diri orang yang bersangkutan. Membuat rujukan sukses sebagai manifestasi keistimewaan seseorang tidak berbeda dengan mengatakan gajah besar karena dia seekor gajah. Sukses bukan sekedar keistimewaan satu orang, namun keistimewaan proses dan orang-orang yang membantu memastikan kesuksesan. Tidak mungkin sebutir bibit bisa tumbuh menjulang menjadi pohon besar tanpa didukung sumber air, tanah yang subur dan perlindungan dari pohon-pohon besar di sekelilingnya.

The most important role of a leader is to create other leaders, future leaders. Jika orang-orang tertentu sudah berperan membantu anda berproses, bagaimana dengan peran anda sendiri pada orang-orang lain? Apakah anda sudah hadir saat mereka tengah meragukan diri sendiri dan keputusan-keputusan yang mereka ambil? Apakah anda sudah mengambil peran saat mereka mempertanyakan jalan hidup dan pilihan-pilihan yang mereka tempuh? Apakah anda sudah turun tangan dalam membentuk, memastikan dan menyempurnakan kodrat mereka?
Terlaksananya peran suci menumbuhkembangkan pemimpin masa depan menandai kesempurnaan kodrat seorang pemimpin.

Leaders – and those who follow are here to co-create. Organisasi buruk ditandai saat hanya segelintir orang di puncak organisasi yang berpikir, bekerja dan bertindak mengatasnamakan – namun tanpa mampu menggerakkan yang lain. Sebaliknya, organisasi hebat terjadi saat para pemimpin senior mengambil peran utama dalam menumbuhkembangkan pemimpin masa depan dan bergerak bersama seluruh anggota organisasi.

Bayangkan jika kesadaran akan kodrat diri bisa selaras dengan kesadaran akan kodrat orang lain dan obyektif organisasi – ini adalah kombinasi yang akan memunculkan hal-hal luar biasa dalam karier, bisnis ataupun sosial. Your company’s success will be directly related to how well you communicate your dream and get your people to participate in it. You and your people are all leaders!

Colek kami di twitter: @ImpactFactoryID
Photo: #LookingBack by @ReneCC