Magic = Things You Don’t Know that You Don’t Know

June 26, 2014 | RENE

SCROLL TO READ

Acara bertajuk @C2MTL sangat jauh berbeda dari konferensi formal yang lazim dilakukan di hotel dengan berbagai formalitas mulai dari pakaian, pidato, diskusi hingga saat rehat kopi atau jam makan siang. @C2MTL 2014 diselenggarakan di bekas area pergudangan yang telah disulap jadi arena festival bagi 3000+ partisipan dari 47 negara. Tidak ada keharusan mendengarkan acara didalam ruangan, tapi bisa dimana-mana bahkan sambil bersepeda sekalipun. Formalitas hampir-hampir tidak ada terlebih pada cara berpakaian yang bermacam ragam – mulai dari jas gelap hingga celana pendek, kaos ngejreng dan sneakers warna-warni. Panggung ditata bagaikan konser musik dengan tata suara, tata cahaya dan multimedia canggih demi memastikan tidak satu detikpun berlalu tanpa kesan. Makanan dan minuman tersedia di banyak tempat dengan cara nyeleneh tanpa harus menunggu waktu rehat atau makan siang. Bayangkan sebuah festival musik dengan beberapa panggung, @C2MTL disajikan dengan cara serupa namun masing-masing panggung diisi oleh topik pembahasan tertentu.

There are more possibilities beyond your wildest imagination. @C2MTL terasa istimewa karena merupakan buah karya kolaborasi dari banyak pihak yang percaya bahwa selalu ada cara-cara baru dalam menuntaskan berbagai permasalahan di dunia usaha, sosial dan alam semesta. Pemilihan 100 orang paling kreatif sedunia versi majalah @FastCompany menjadi daya tarik tersendiri – seolah menegaskan kalau kreativitas tidak mengenal batasan negara, bidang usaha ataupun bidang keahlian.

Either you are part of a solution or the other kind. Peringkat pertama 100 Orang Paling Kreatif Sedunia tahun ini (2014) diberikan pada seorang perempuan berkebangsaan Saudi Arabia, Putri Reema binti Bandar Al-Saud. Istimewa karena dia adalah penerima pertama dari Saudi Arabia sejak inisiatif ini dicetus oleh @FastCompany sejak 4 tahun lalu. Apa alasannya? Putri Reema membantu perempuan Saudi Arabia untuk mempunyai penghidupan sendiri sebagai pekerja yang melayani sektor-sektor tertentu. Sebuah langkah berani mengingat kendala kultural Saudi Arabia yang masih belum melihat peran wanita bekerja sebuah hal wajar. Sebagai info hanya kurang dari 5% populasi pekerja wanita di Saudi Arabia. Putri Reema menegaskan bahwa tidak ada negara bisa tumbuh kembang dengan sempurna tanpa melibatkan separuh dari populasinya.

Ideas are worthless without you – who will make it happen. Masih banyak cerita-cerita dari 100 orang istimewa tersebut yang akan saya sampaikan dalam kesempatan lain. Namun ada beberapa benang merah yang bisa ditarik dari cerita hidup mereka: Pertama, keyakinan bahwa ada banyak hal yang jauh lebih penting daripada sekedar mencetak uang dan profit. Kedua, kegagalan bukan hal luar biasa yang harus selalu disesali – kegagalan adalah peluang beriterasi untuk perbaikan dan pembenahan. Ketiga, tidak ada satupun pencapaian yang bisa dilakukan sendiri – setiap karya dan kreasi pasti buah kolaborasi dan ko-kreasi.

Jadi harus mulai dari mana? Punya ide adalah awal yang baik. Lebih istimewa jika ide muncul sebagai bagian dari upaya penuntasan problem sosial tertentu. Namun hal terbaik adalah kegigihan untuk terus belajar atas segala hal – terlebih yang tidak diketahui. There are things you know you know. There are things you know you don’t know. There are things you don’t know you know. And there are things you don’t know you don’t know – the last part is where magic will happen in your life.

Kami ingin mendengar pendapat anda 🙂 bisa colek kami di @ImpactFactoryID