The Right Kind of Routine

May 23, 2014 | RENE

SCROLL TO READ

Apa rutinitas anda setiap hari? Lebih spesifik lagi, saat anda sampai di kantor dan duduk di meja kerja, coba sebut 3 aktivitas paling awal yang anda kerjakan? Ini tebakan saya: Buka surel, jawab surel dan jawab lebih banyak surel. Dalam setiap 1 jam terkirim lebih dari 200 juta email sehingga tidak mengagetkan jika anda menerima paling tidak 50 email per hari. Termasuk dalam kategori surel adalah beragam bentuk pesan elektronik yang masuk melalui desktop atau layar kedua yang semakin populer (baca: telepon genggam pintar anda – atau lebih tepat mungkin telepon-telepon genggam anda). Percayalah, saya pernah mengalami rutinitas tanpa kendali macam ini. Saya paham “kebutuhan” untuk segera menjawab surel-surel yang masuk. Siapapun, termasuk anda dan saya tentu senang memperoleh jawaban langsung secepatnya. Atas nama kepastian, kita tentu tergoda untuk segera bertindak setelah menerima pesan pendek semacam ini: “Gue udah email ya. Tolong bales jika sempat.” Bener nggak? Nah, jika rutinitas harian dijabarkan lebih panjang lagi maka saya duga dua hal ini mendominasi keseharian anda: meeting / pertemuan dan percakapan telepon. Isinya ajakan, permintaan hingga perintah agar anda melakukan sesuatu – untuk mereka.

Tulisan ini sama sekali bukan anjuran untuk menunda menjawab setiap surel yang masuk. Pertanyaan sekarang, kapan anda benar-benar bisa berpikir, bertindak, bekerja, berkarya & berkreasi sesuai dengan keinginan diri? Apakah rutinitas adalah sekedar refleksi tuntutan dunia atas diri kita? Bagaimana dengan kebutuhan jiwa untuk mendalami passion – dan memahami misi hidup? Apakah sudah bisa membedakan antar keharusan dengan kemauan? Keterpaksaan dengan keasyikan? Instruksi dengan aspirasi? Tulisan ini adalah ajakan untuk merekonstruksi rutinitas yang telah menjadi rutin tanpa melalui pemikiran dan perasaan.

Do we have the right kind of routine? Karya dan kreasi terbaik butuh waktu, kerja, fokus, persistensi dan kreativitas. Ini tidak akan pernah terjadi dengan sendirinya tanpa kesadaran menjalani rutinitas yang relevan. Rutinitas yang membuka ruang dan memberi peluang untuk melatih diri untuk berkreasi.

Your life’s priorities VS other people’s priorities. Saat pagi hari tersita untuk menjawab kebutuhan dan melayani keperluan orang lain, bisa jadi tidak banyak yang bisa dilakukan saat energi sudah terkuras dan perhatian terlanjur terpecah-pecah. Harapan akan esok hari atau minggu depan atau tahun depan yang lebih baik – percuma saja selama tidak ada peran aktif anda dalam menentukan jenis rutinitas yang anda jalani.

Prioritize your time on creative activities, not reactive activities. Perubahan kecil yang bisa anda lakukan adalah dengan memilah jenis aktivitas kedalam dua kategori: Kreatif dan Reaktif. Aktivitas kreatif adalah segala hal yang berhubungan dengan berimajinasi, berkreasi, problem solving dan seterusnya. Sementara aktivitas reaktif adalah segala yang yang disebut dalam paragraf pertama diatas.

Jika anda seorang penulis, pastikan ada waktu rutin untuk anda benar-benar menulis tanpa terganggu aktivitas reaktif. Jika anda seorang pemimpin perusahaan, pastikan ada waktu rutin untuk sepenuhnya memikirkan visi, kesinambungan dan ide-ide besar – tanpa terganggu urusan administratif. Jika anda seorang yang masih kuliah, pastikan juga untuk meluangkan waktu khusus untuk memikirkan hidup – tanpa terganggu kebisingan media sosial dan percakapan sembari lalu. Pergeseran ini tidak mudah namun bakal berpengaruh dalam kehidupan karya dan kreasi anda. Awalnya mungkin tidak enak harus mengecewakan orang lain untuk hal-hal kecil. Tapi bisa jadi ini harga yang harus dibayar untuk benar-benar bisa memunculkan karya yang bisa dibanggakan, patut dikenang dan selaras dengan fitrah hidup kita. Time is not money. Time is so much more than money – make use of time to create and make things happen. And it is so much more than just cleaning your email inbox.

  • Catherine Emilia

    Thank you, Rene. Please keep writing!

    • admin

      Thank you 🙂

  • tepat sekali

    • admin

      🙂