Earn More, Enjoy More. How?

March 15, 2014 | RENE

SCROLL TO READ

OK – jika kalimat judul kali ini diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia bisa jadi terdengar seperti iklan seminar oleh motivator kondang (baca: bukan saya lho), atau mungkin seperti undangan heboh acara-acara MLM yang sebisa mungkin anda jauhi, kecuali jika anda sedang menekuninya. Saya memang tidak terlampau sering membahas soal uang, tapi harus diakui uang itu penting – walaupun terkadang dipenting-pentingkan. Siapa sih yang nggak tertarik untuk bisa dapat duit (lebih) banyak? Apalagi jika bisa memperolehnya dengan usaha lebih kecil. Belakangan ditambah embel-embel: tanpa resiko, secepat kilat dan terus menerus. Apa benar hal itu bisa terjadi? Pertanyaan yang lebih tepat: Apa benar hal itu bisa terjadi PADA SAYA?

Sejak masih menekuni bidang headhunter dulu hingga beragam kegiatan yang saya tekuni sekarang, jika dikaitkan dengan duit yang diterima setiap bulan, saya pernah berjumpa dengan orang-orang yang secara iseng-iseng bisa dibagi kedalam 3 jenis kelompok: (1) Orang-orang yang sudah menikmati pendapatan ratusan juta per bulan. Jumlah mereka yang pernah saya temui tidak banyak – masih kalah jauh dibandingkan dengan dua kelompok lain yaitu (2) mereka yang ingin punya pendapatan ratusan juta per bulan namun masih belum mampu atau belum tahu atau belum beruntung – dan (3) mereka yang mau tapi “ngeri” alias sudah ketakutan sendiri untuk membayangkan punya pendapatan sebesar itu. Nah, kalau dua kelompok terakhir ini mayoritas mutlak. Tulisan kali ini saya susun bagi kelompok kedua. Bagaimana dengan yang lain? Kelompok pertama jelas tidak butuh tulisan ini – malah saya menganjurkan mereka untuk berbagi cerita pencapaian selama ini untuk kita semua (asalkan caranya benar dan tidak harus melibatkan KPK kelak). Sementara kelompok ketiga masih harus belajar untuk berdaya. Ada juga sih kelompok yang gak peduli duit.. nah, ini mungkin karena orang tuanya sudah masuk dalam kelompok pertama :p

How much do you think you deserve to bring home every month? Coba jawab pertanyaan ini dengan tegas dan jujur. Menurut anda berapa banyak yang PANTAS anda dapatkan setiap bulan? 5 juta? 10 juta? 100 juta? 1 Milyard? Jika sudah menentukan angkanya, coba jawab KENAPA anda pantas mendapatkannya? Dan.. ehm, jika anda mengibaratkan orang anda sebagai orang lain, apakah “dia” pantas memperolehnya?

How much are you getting paid to do what you do? Berapa yang anda dapatkan sekarang? Dan apa hal-hal spesifik apa yang anda kerjakan sehingga organisasi tempat kerja – atau bisnis anda, layak mengalokasikan sejumlah uang itu untuk anda? Dan omong-omong, apa sih yang dihasilkan melalui keterlibatan anda disana? Apakah ada orang lain yang bisa menggantikan anda? Dan apa jadinya jika anda tiba-tiba hilang?

How do you feel when you do what you do now? Skala 1 – 10, 1 = super bosan/gerah sementara 10 = super asyik/happy. Berapa angka yang anda berikan setiap hari? Berapa nilai rata-ratanya selama sebulan dan setahun? Jika dibawah 7, sudah punya ide untuk meningkatkannya?

How good are you in doing what you do now? Lagi-lagi dalam skala 1 – 10, 1 = anda butuh bantuan setiap saat. 10 = semua orang mengenal anda sebagaimana @yoris dikenal setiap bicara kreativitas, @mrshananto setiap pembahasan financial planning dan @radityadika untuk segala hal yang lucu-lucu. Berapa angka anda menurut anda? Dan berapa angka anda menurut 10 orang-orang terdekat anda?

Jawaban dan cara anda menjawab memberi gambaran dimana & proyeksi pendapatan anda. Saya perhatikan ada 5 persamaan umum diantara mereka yang sudah menikmati ratusan juta setiap bulan. Pertama, walaupun merasa beruntung berpendapatan besar, mereka juga merasa pantas mendapatkannya. Kedua, mereka menikmati hasil DAN prosesnya. Ketiga, mereka dikenal sebagai ahli pada bidangnya masing-masing. Nantikan 2 point selanjutnya dalam minggu depan. Great money always follows great work – with passion!

  • Ardi

    Terima kasih mas rene atas inspirasinya, pelajaran penting “who is me?” dan itu bikin kita punya nilai lebih baik pada diri sndri ataupun secara finansial